Jasa Foto Kartun

Jasa Foto Kartun
Murah meriah dibanding yang lain

Yang Terlupakan-Nya Bang Iwan, Nggak Akan Pernah Terlupakan

Kemaren gue ngobrol sama pria yang pernah memancarkan spermanya ke rahim emak. Sperma yang kelak menjadi anak pertama dia, yaitu gue.

Jadi, kemaren gue ngobrol sama Babeh gue. Gitu. (Ribet yak?)

Kalo ngobrol sama babeh, udah pasti topik bahasannya adalah hal-hal yang berbau religius, maklum, sekarang dia udah jadi Manusia Langit, mungkin 90% hidupnya didedikasikan buat akhirat, baru sisanya dunia. Gue belum ngerti kenapa dia bisa begitu.

Saat itu dia nggak habis-habisnya memuji salah satu surat didalam Al-Qur'an yang judulnya An-Najm (Bintang), dia bilang surat ini memiliki ilmu tata bahasa dan sastra tingkat Tuhan, menurutnya mustahil seseorang yang nggak pernah belajar sastra, empat belas abad yang lalu mampu menulis atau mengarang surat ini. Dan membuat para ahli sastra pada saat itu geleng-geleng kepala sampai sekarang.

Kebayang kan? gimana pegelnya geleng-geleng kepala dari dulu sampai sekarang?

Oke. Gue kagum. Sekarang giliran gue yang buka topik, Gue tanya ke Babeh hal duniawi apa saja yang bikin dia kagum. Babeh jawab gini; "Oh banyak, banyak banget hal-hal duniawi yang Babeh kagumi saat ini, perkembangan pesat teknologi misalnya, Babeh kagum sama orang-orang yang nyiptain Smartphone, Komputer, BayMax dan lain-lain.". Well, ternyata Babeh masih merhatiin perkembangan dunia.

Gue nanya lagi, gimana dengan karya seni nya? yang gue tau, dia cuma mengagumi Al-Qur'an, Al-qur'aaaan melulu. Gue penasaran apakah ada karya manusia yang dia kagumi? Kemudian, Babeh gue yang kebetulan mantan anak band ini jawab lagi, "Tentu saja ada, Babeh juga punya musisi favorit, dan dia adalah satu-satunya, Iwan Fals" Jawabnya bangga. Tadinya gue pikir dia mau jawab Opick Tombo Ati, ternyata malah Iwan Fals.

"Widih... OI dong? ahhh.... paling sukanya cuma lagu Bongkar atau Bento doang, iya kan?" tanya gue. "Bukan" jawab dia. "lagu yang paling berkesan buat babeh mah judulnya Yang Terlupakan, babeh ngga bakalan lupa sama lagu itu, lagu paling dalem didunia." gitu katanya. "Ciyeee... mantan yang mana beh? cewek yang model gimana sih yang bisa bikin babeh gagal move on sampe segitunya? haha!" tanya gue penasaran.

"Itu bukan lagu buat cewek tau. Coba puter lagunya, dengerin pake hati... resapi tiap bait dan liriknya"

Gue pun ngeluarin handphone.. lalu memutar lagu tersebut.

Buat yang mau denger... kalian bisa streaming youtube-nya nih...



...tapi masa iya ngga tau sama lagu ini... sok.. sebelum lanjut baca... siapin kopi ... denger deh lagunya... resapi~

Kita pun diem sejenak... dengerin lagu tersebut.

"buat babeh... ini baru namanya masterpiece... angkat topi pokoknya babeh mah sama lagu ini teh da..."

"Oh.. gitu" jawab gue simple.

"Dulu... Babeh pernah 'lupa' sama Dia, nak..."

"maksudnya, beh?" tanya gue. Sambil terheran-heran kenapa pria tua ini tiba-tiba ngelantur.

"nggak peduli seberapa lihai pun babeh kabur dan sembunyi... senyum-Nya ngga pernah ninggalin babeh"

"mulai drama nih" ketus gue dalam hati.

"ohhh... ternyataaa..." gue pun baru ngeuh.

"Ah! Lu mah nggak lihay menafsirkan lagu, Tong!" ketus babeh seraya pergi ke dalam rumah. Ninggalin gue sendirian ditemani lagu yang sebenernya ngga teralu misterius ini. Liriknya jelas, mengutarakan sebuah penyesalan, dan keinginan untuk kembali.

Gue jadi muterin lagu ini berulang-ulang, dan "wow... Om Iwan bener-bener deh.. dia beneran maestro... baru ngeuh gue".

Dan dari obrolan itulah, awal mulanya gue sadar, kalau lagu Iwan Fals yang berjudul "Yang Terlupakan" itu bukan lagu untuk mantan, tapi lagu untuk Tuhan.



=======

NB: Lagu ini ada dua versi arransemen, yang lama dan yang baru, dua-duanya oke. Tapi gue lebih suka yang lama (yang gue sematkan lirik videonya di postingan ini) feel nya lebih kena.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Yang Terlupakan-Nya Bang Iwan, Nggak Akan Pernah Terlupakan"

  1. bongkar... dia memang maestro. seangkatan sama chrisye kan?
    gue suka lagunya yang beto sama pesawat tempur. kritikannya itu loh... lagu paling mengkritik mungkin bisa dibilang

    ReplyDelete
  2. Ih, kalimat pertamanya mantap. Gue sempet mikir "Siapa cowok itu sebenarnya?".

    Iwan Fals adalah salah satu musisi yang gue kagumi. Walaupun gue cuma tau beberapa lagu saja, gue tetap kagum dengan lagunya yang punya makna dalam.

    ReplyDelete
  3. Jiah Sama Kayak Ibu Gue :v... Beneran inilagu masetro banget ...
    iya emang iwan fals lagu sama liriknya nancep banget sihh ... gue juga suka ..

    ReplyDelete
  4. Iwan Fals mah bener-bener maestro... Itu T*p Kopi emang pinter milih beliau sebagai maskot untuk produknya. Dan bener produk kopi tersebut langsung laris, padahal belum lama rilis... #malah bahas kopi

    Babeh loe keren banget, bisa update gitu.. hehe
    ternyata memang bukan lagu untuk mantan toh, padahal dari dulu saya pahamnya itu buat mantan. Alhamdulillah akhirnya hari ini tercerahkan...

    ReplyDelete
  5. gue kira lagu ini buat mntan..
    liric ini "kala memberimu dosa" sebelumnya gue tafsirin anu *IYKWIM*,
    ternyata artinya dalem bnget lirik itu, bukan sekedar dosa antar mnusia.

    ReplyDelete
  6. yup saya juga suka sama lagu bang iwan yang terlupakan ini.
    entah kenapa dalem banget gitu lagunya. dan emng lebih suka yang lama ini daripada versi yang baru.

    selain ini masih banyak juga kayak...em saya lupa judulnya tapi lirilnya gini

    Jalan berdampingan tak pernah tahu arah
    membelah malam mendung yang selalu datang
    kudekap erat, kupandang matamu dengan sorot mata yang keduanya buta.
    lalu kubisikan sebaris kata-kata putus asa
    sebentar lagi hujan

    yang kayak gitu lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaa...itu judulnya 22 Januari :D emang enak tuh yang itu juga

      Delete
  7. Memang dah, Bang Iwan ini emang maestro musik yang kece dah, salah satu yang terbaik di Indonesia menurut Ku. Banyak lagunya yang jadi masterpiece. Dan lagi Yang Terlupakan ini, lu udah jelasin di postingan lu :)

    ReplyDelete
  8. Wah, enak ya kamu bisa dapat momen cerita cerita bareng babeh mu, aku jarang loh :')

    Babehmu orangnya religius, tapi juga tetap update tentang perkembangan perkembangan di duniawi kayak musik dan mengapresiasi penemuan penemuan baru. Kereeen

    ReplyDelete