Jasa Foto Kartun

Jasa Foto Kartun
Murah meriah dibanding yang lain

PENGALAMAN FREELANCE DI FIVERR

Apa itu fiverr? Silahkan google sendiri deh. 

Bagi saya, Fiverr adalah tempat mencari nafkah selama kurang lebih 2 tahun ini.

Mau bagi-bagi pengalaman aja.
Saya pertama kali bikin akun Fiverr itu tahun 2018, nama akunnya irvwan, tapi sekarang udah nggak ada, kenapa? karena akunnya saya tutup disebabkan baru tiga hari bikin, sudah dapat cancel-an dan response rate yang buruk. 

Sekarang saya pakai akun baru punya istri saya.

ini link nya; fiverr.com/parsya

Pengalaman-freelance-fiverr



Ceritanya sehari setelah daftar, saya langsung bikin gig Jasa edit foto kartun berbasis Vector (bidang jasa yang saya yakin 80% penyedianya berasal dari Indonesia)
lalu pada malam harinya, saya mendapatkan pesan dari pelanggan, tetapi sayang sekali, pesan tersebut tidak saya balas selama hampir 2 hari! Karena saat itu saya tidak instal aplikasi fiverr di handphone. Jadi tidak mendapat notifikasi sama sekali.

Dan benar saja, response rate saya langsung turun ke angka 48 hours average response time. Awal yang sangat buruk.

Pesan tersebut berasal dari Cewek Israel, dia menerima permeminta maaf saya (yang saya tulis pakai googe translate) dan tidak keberatan akan hal itu karena dia ternyata tertarik dengan jasa saya dan dia pun langsung memesan jasa saya pada saat itu. 

Itupun menjadi orderan pertama saya, harganya 5 dolar, delivery time nya 3 hari (waktu yang sangat lama sekali dibandingkan kompetitor lain yang menyediakan delivery 24 jam) tapi sekali lagi, dia tidak keberatan dan setuju order kepada saya.

Saya pun mengerjakan pesanan beliau, pesanannya adalah menggambar ulang foto adiknya yang berusia sekitar 5 tahun, menjadi foto kartun.

Saya tidak tau kalau ternyata 3 hari itu waktu yang sangat lama bagi konsumen, dan memang benar, tepat dihari kedua, dia inbox saya mengatakan ingin meng-cancel orderannya, karena ternyata dia sudah membeli jasa lain dari penjual lainnya di fiverr yang mungkin menyeiakan delievry time lebih cepat dari saya. Dia pun menunjunkkan hasil kerja orang lain tersebut kepada saya. Ternyata itu adalah pekerjaan Orang Indonesia juga, karena di gambarnya masih ada watermark bertuliskan fauzy.art. (Respect untuk Fauzy Art).

Saya pun hanya bisa pasrah, dan menerima permintaan cancel cewek itu.

Perasaan saya pada saat itu kira-kira sama kayak Abang Ojol yang udah setengah jalan mau nyampe tiba-tiba di cancel.

nyesek sangat. Tapi nggak apa-apa lah, udah lama juga kejadiannya.

Saya pun tutup akun, dan membuat akun baru dengan meminjam identitas istri saya.



dan ini adalah poin-poin pelajaran yang saya petik dari pengalaman saya tersebut.
mudah-mudahan bisa membantu buat Anda yang berniat berkarir menjadi freelancer di platform fiverr ini.
berikut poin-poinnya;

- Seharusnya Anda sudah tau mau jual apa disitu. Kalau belum tau mau jual apa, mending cari tempat lain.
- Wajib bisa bahasa inggris, WAJIB. Yang bisa bahasa inggris pun kalau bisa ambil lagi kursus bahasa inggris khusus untuk freelancer. Komunikasi sangat krusial di platform ini.
- Buat akun pakai nama asli dan foto asli yang  berpenampilan rapih, tersenyum, sopan dan profesional, agar calon konsumen respect dan percaya terhadap kita. 
- Buat username yang sesuai dengan bidang Anda, misal; FauzyCartoon, UdinGuitar, AsepVoiceOver Dll
- sebelum membangun gig, lakukan riset yang matang, rajin lihat-lihat gig orang lain, kalau bisa gig yang sudah Top Rated atau minimal level 2. Amati, tiru, modifikasi.
- download aplikasi fiverr di playstore. PENTING
- Harus siap begadang, karena konsumen kita berasal dari belahan dunia lain, yang mana pagi hari nya mereka, adalah malam hari ditempat kita. Jadi, harus siap begadang dan jangan telat membalas pesan. Karena seperti akun Online shop di paltform lain, response rate kita sangat berpengaruh terhadap ranking dan performa penjualan.
- Pasang harga semurah mungkin, dibawah standart Anda, minimal untuk 10 penjualan kedepan, kumpulkan bintang 5 sebanyak mungkin. ketika sudah mendapat minimal 15 bintang 5. Baru deh, pasang harga sesuai standart Anda.
- sediakan delivery time paling cepat, sesuai kemampuan anda. Ini juga bisa diubah apabila anda sudah mendapat reputasi yang baik, ya itu tadi, bintang 5 yang banyak.


Mungkin itu poin-poin hikmah berdasarkan pengalaman saya.

postingan selanjutnya mungkin akan membahas, bagaimana saya mendapat bintang 5 pertama, 5000 dolar pertama, dan bagaiamana saya meraih level 2 seller.

terimakasih sudah membaca.
salam!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGALAMAN FREELANCE DI FIVERR"

Post a Comment