Jasa Foto Kartun

Jasa Foto Kartun
Murah meriah dibanding yang lain

LOEKMAN NOAH: The Unsung Hero

Nama aslinya Lukman Hakim, pria kurus berwajah khas Sunda ini adalah salah satu gitaris favorit gue sejak dari kemunculan pertamanya.

Wajahnya khas pisan Amang-amang dari Cianjur yak? Unyu


Gitaris yang merupakan salah satu alasan dan cikal bakal lahirnya band kenamaan asal Bandung, yaitu Noah (dulu Peterpan). Lantas kenapa Pria ini gue sebut sebagai "The Unsung Hero"?

Nih, gue kasih tau beberapa alasannya berikut ini.

Lukman Adalah Orang Yang (Mungkin) Pertama Kali Ngeuh Sama Bakat Ariel Noah: Pertemuan pertama Lukman dan Ariel adalah ketika Lukman secara nggak sengaja dengerin Ariel nyanyiin lagunya Simply Red yang berjudul 'Say You Love Me', saat itu mereka lagi nongkrong di warung deket SMA 23 Bandung, dengan insting kuat seorang musisi, nggak pake pikir panjang lagi, Lukman langsung ngajakin si Ariel buat kenalan, lalu nggak lama kemudian merekapun jadian.

Tuh, coba kalo Mang Uman nggak nongkrong disana waktu itu, mungkin, sampe sekarang nggak bakalan ada yang namanya Noah atau Peterpan.

Mang Uman juga sering Jadi Penasehat Buat Para Pencipta Lagu. Terutama buat Ariel, menurutnya, walaupun banyak menciptakan lagu untuk Peterpan dan Noah, Ariel cenderung menghasilkan komposisi lagu yang sederhana.

Untuk musikalitas, pilihan efek gitar orang ini cukup punya ciri khas, kamu bisa denger kekhasan dia dibeberapa lagu seperti 'Hari Yang Cerah', 'Terbangun Sendiri', 'Hero', dan yang paling baru 'Cinta Bukan Dusta'. Sayatan melodinya memang nggak terlalu rumit tapi unik buat diulik.

Dari aksi panggung, Lukman lebih memilih berdiri diam dan fokus pada gitarnya, tujuannya untuk mempertahankan kualitas lagu ketika di atas panggung. Kalian tau Dewa Budjana, kan? apakah dia banyak bergerak ketika diatas panggung? tapi bagaimana hasil permainannya? beuhhh... menghanyutkan.

Oke. Balik lagi kenapa gue nyebut dia sebagai 'The Unsung Hero', coba kamu perhatikan deh di setiap konsernya, dari jaman Peterpan sampai Noah, pasti penonton lebih sering meneriaki nama Ariel daripada nama Lukman, iya kan? padahal, gue berani bilang, tanpa Lukman, mungkin Noah hanya akan menjual karisma sang vokalis saja, dari segi musik pasti mereka kalah sama musisi-musisi lain. Walaupun disana masih ada Ariel, Uki sama David. Gue jamin, tanpa Lukman, mereka ngga akan ada apa-apanya. (edit: pendapat gue gila juga)

Dan buat para Sahabat Noah, kalian harusnya setuju sama gue. Bahwa Lukman memang benar-benar seorang pahlawan yang tidak dinyanyikan, namanya jarang kalian teriakan di atas panggung.

Satu-satunya orang yang sering menyebut namanya ketika tampil diatas panggung mungkin cuma si Ariel doang. Karena Ariel sejatinya paham betul, bahwa sesungguhnya, didalam band yang ia gawangi itu, ada orang lain yang juga bekerja lebih keras, dan Ariel juga tau, bahwa orang itu layak diberi apresiasi lebih oleh para fans, maka, nggak heran, setiap kali lagu akan memasuki part solo, si Ariel pasti berteriak:

"Lukman, Go!".

Mempersilahkan The Unsung Hero menampilkan kebolehannya.

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "LOEKMAN NOAH: The Unsung Hero"

  1. baru tau kalau dia seberdedikasi gitu.. jadi, dia yang pertama sadar bakat ariel waktu di sma? gaul.. dulu waktu kelas 1 sd gue sempet ngefans ama peterpan gara2 lagu ada apa denganmu. tapi lama kelamaan hilang begitu saja. iya tuh, facenya anak jabar banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhkan elu baru tau... karena emg nggak banyak yg tau Jev... makanya gue sebut The Unsung Hero

      Delete
  2. Kok km tau seluk beluknya Loekman???
    Aku sih setuju2 aja jika sbnrnya dalam sebuah band itu yg berperan penting adlh gitaris bukan vokalis hehehe
    Sayangnya aku ga bgtu ngerti soal musik yg pe ting easy going aja hahaha
    Utk Loekman. Emang top dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita emg sodaraan mbak... dari nabi Adam... haha... nggak apa2 disini aku bukan bahas musik... tapi lebih ke dedikasi seseorang

      Delete
  3. Aku sebenernya ngga tau banget tentang orang ini. Taunya cuma Arielnya doang. tapi, mukanya orang sunda banget sumpah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhkan nggak banyak yg tau... berarti cocok dong gue sebut the unsung hero

      Delete
  4. Keren juga ya aksinya Mang Uman, bisa kayak Alex Ferguson gitu nemuin bakat. Udah naluri musisi sepertinya.

    Iya, gue suka memperhatikan gitaris yang kalem kualitas musiknya asoooy banget. Dibanding dengan gitaris yang ugal-ugalan, lebih keren gitaris kalem. Aura lelakinya lebih wooow :p

    ReplyDelete
  5. Yah sayang saya gak ngidol Noah, jadi bingung nih mau komen apaan. Mungkin aku nyuruh sahabat Noah kali ya buat komen disini?

    Emang sih disuatu grup cuma bisa beberapa orang saja yang populer, kalau di grup band gini yang paling populer vokalisnya. Tapi karena jasa si unsong hero gak mungkin kan si vokalis bisa setenar sekarang. Patut diapresiasi nih

    ReplyDelete
  6. Wahhh, baru tahu :)
    Tapi saya merasa wow dengan kisah kalau Lukman yang menemukan bakat Ariel. Memang akan selalu ada seorang hero yang namanya nggak dielu-elukan tapi punya andil lebih besar ya.

    ReplyDelete
  7. kalo menurut gue sih karena Lukman bukan seorang front man, jadi "jatah" dia buat terkenal dan dielu elukan fans bakal dikit hehe,sama halnya kayak Maroon 5 dimana Adam levine bener bener mengambil seluruh popularitas dari Maroon 5, pasti dikit yang tau siapa nama dari gitarisnya maroon 5, mereka ini bener bener the unsung hero

    ReplyDelete
  8. Gw sedikit tau kalo lukman emang banyak berkontribusi di peterpan dan noah, karna gw juga suka peterpan. Gw setuju soal teriakin nama. Ada orang yg diam2 berjasa dalam band itu. Salut mang

    ReplyDelete
  9. udah nggak ngikutin band ini lagi nih semenjak ganti nama. walau emang lagu-lagunya sekarang terasa agak beda dengan yang dulu dn jadi lebih keren.

    btw, unsung itu artinya apaan ya

    tapi saya salut emang sama orng ya kerja keras tapi gk masalah kalau gk di kenal. rasanya keren ya

    ReplyDelete
  10. ulu saat awal-awalnya peterpan muncul, aku nge fan banget lo...

    waktu personilnya masih 6 orang(peterpan) aku sering bingung bedain lukman sama andhika hahaha, tapi sebenernya aku sudah punya insting sih dibalik pendiamnya saat di panggung lukan itu orang yang hebat, kan banyak gitu ya band-band yang selain vokalisnya, gitarisnya keren, nah lukman ini orangnya biasa-biasa aja, tapi permainanya keren.

    btw, aku baru aja mampir ke sini . salam kenal ya. follow balik ya blog ku :D

    ReplyDelete
  11. artikelnya sangat menarik...

    ReplyDelete