Jasa Foto Kartun

Jasa Foto Kartun
Murah meriah dibanding yang lain

Cara Melihat Kejadian Masa Lalu

Hari ini gue dapet pengalaman yang luar biasa, biasa aja, gue dapet pengetahuan baru, yaitu cara melihat masa lalu.
Bukan dengan cara melihat foto-foto kenangan, video dokumentasi, film atau timeline mantan. Melainkan melihat masa lalu secara langsung dengan mata telanjang. Keren gak?

Caranya gimana tuh?

Gampang. Kalian pun bisa melakukannya malem ini, kalo cuacanya bagus. Pengetahuan ini gue dapet dari seseorang, tapi setelah gue googling, ternyata banyak juga artikel-artikel yang bahas hal ini.

Caranya pergilah keluar rumah, lalu lihat kearah langit. Dengan melihat langit yang bertaburan bintang itu, sesungguhnya kalian sedang melihat kejadian masa lalu.

http://kafeastronomi.com/wp-content/uploads/2013/08/Purwanto-Nugroho-Andromeda-di-awal-bulan-Syawal.jpg

Serius.

Bintang yang kita lihat saat ini sebenarnya adalah sebuah kejadian ledakan maha dahsyat sebuah bintang yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Nah, "jutaan tahun yang lalu", itu artinya masa lalu. Jadi, yang kita lihat itu sebenernya adalah masa lalu.

Jadi gini, jutaan tahun yang lalu, ada sebuah bintang mati lalu meledak. Karena jarak bumi dan bintang tersebut jauhnya sampai jutaan tahun cahaya. Maka, cahaya ledakan jutaan tahun yang lalu tersebut baru nyampe ke bumi nya saat ini, atau sekarang.

Pusing, kan?

Hampir semua bintang yang kita lihat malam ini adalah merupakan hasil dari proses diatas. Gak perlu jutaan tahun juga sih, bintang yang paling deket sama kita aja cuma 4 tahun cahaya.

Jadi, bisa dibilang, ketika kita melihat langit, sebenarnya kita sedang melihat masa lalu.

Gue juga baru tau. Soalnya dulu gue mahluk sosial, bukan IPA. Dan gara-gara tau hal begituan, gue jadi tertarik sama teori relativitasnya Einstein, dan kecepatan cahaya. Oiya, katanya kalo kita bisa bergerak secepat cahaya, kita bisa melihat masa lalu gitu. Terus, kalo kita bergerak ke jarak 65 juta tahun cahaya dan melihat kearah bumi, maka bumi yang kita lihat adalah bumi pada zaman dinosaurus!

Mind blowing pokonamah.

Ini menarik buat awam seperti gue, nambah-nambahin hal yang bikin gue penasaran, dan bikin gue gatel banget pengen ngobrolin ini sama seseorang yang lebih paham.

Kayanya bakalan seru.

Sok atuh silahkan dikomen, apa aja bebas lah.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Melihat Kejadian Masa Lalu"