Jasa Foto Kartun

Jasa Foto Kartun
Murah meriah dibanding yang lain

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Stuck atau Kehabisan Ide Ngeblog

Hallo, guys! *so akrab*
Jadi, kalian yang datang kemari pasti lagi kehabisan ide ngeblog yak? kalo begitu kita sama, hampir sebulan penuh nih gue nggak ada nulis lagi, semua karena semangat dan mental gue lagi nge-drop gara-gara di banned sama Google Adsense

Mental tempe memang

But it's okay, mungkin Om Google mau ngasih pelajaran supaya gue mau lebih baik lagi di dunia Blogging, khususnya dunia Publisher
Dan benar saja, beberapa waktu lalu ada email dari adsense yang ngasih saran supaya blog ini harus dibenerin sampai memenuhi kriteria. Dan sekarang gue lagi berusaha.

Okedeh, cukup curhatnya, mari kita langsung ke pembahasan.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Stuck atau Kehabisan Ide Ngeblog?

Baiklah, disini hamba nggak ada maksud mengajari kisanak, ini hanya berbagi pengalaman saja, silahkan dibaca, mudah-mudahan kita cocok.
Nah.. kalo lagi mumet, gue suka pake cara ini; keluar dari zona atau situasi kita saat ini, dan carilah hal baru. 


Dengan liburan misalnya
Tapi jangan menargetkan diri untuk mendapatkan ide, cukup nikmati saja liburanmu, selalu bawa note kecil saat liburan, catat setiap hal yang membuatmu penasaran dan menarik tentunya.

Kalo nggak ada waktu buat liburan?
Misalnya kamu nggak punya duit sibuk kerja atau kuliah, nggak masalah, jalan-jalan sebentar pas break nggak ada salahnya, kok. Pergi keluar atau sekedar keluyuran didalam kantor juga bisa, perhatikan hal-hal disekitarmu, hal-hal yang sebelumnya nggak pernah kamu pedulikan, sadari kalo selama ini dia itu sangat mengagumimu, dia selalu nunggu kamu putus sama pacar kamu. Lah?

Sesekali lihat foto-foto jaman dulu
Saatnya ngubek daleman hardisk eksternal, atau apapun bentuk dan nama memori itu, buka tiap folder foto didalamnya, mungkin disana ada kenangan mantan yang lupa dihapus pengalaman menarik yang belum pernah kamu tulis sebelumnya, kembangkan foto-foto tersebut menjadi sebuah tulisan.

Baca lagi postingan-postingan jadul kamu
Iya bener, buka lagi postingan-postingan kamu sebelumnya, yang mungkin udah kamu lupakan, dari situ kamu bisa ngambil beberapa poin buat dikembangin, mungkin kamu bakalan dapet ide buat bikin semacam 'postingan kamu (part 2)' Gitu.

Berkunjung ke Twitter
Kalo mumet-mumet banget, gak ada salahnya nulis sesuatu yang lagi happening, salah satu caranya adalah lihat di sosial media Twitter, cari tau apa aja tuh yang kira-kiranya lagi rame, gampang kan? tinggal cari aja di Trending Topic. Tapi awas, jangan stalking timeline mantan ya!

Hubungi teman-teman lama buat kumpul bareng
Nggak ada yang lebih damai didunia ini selain ngopi bareng temen-temen lama, biasanya temen lama yang udah jarang ketemu itu punya banyak pengalaman buat diceritain ke kita, sharing pengalaman bakalan asik, bahkan sekedar ngobrol ringan yang gak penting pun sangat bisa membuka pikiran kita ke hal baru untuk ditulis. Temen lama ya, bukan mantan!

Ide udah ada, tapi bingung cara nulisnya?
Mungkin ini tips nggak berlaku buat kamu-kamu yang udah jago nulis. Nah... Buat kalian yang masih belajar seperti gue ini, ketika dapet ide, tulis aja, percaya diri. Atau kalian bisa banyakin baca artikel keren dari orang lain buat referensi. tapi usahakan jangan mau sama kaya orang lain, ciptakan gaya kamu sendiri, walaupun ide kamu itu mainstream, kalo penyampaiannya berbeda, kenapa enggak? 
Kita udah pernah diajari mengarang bebas kan sejak dibangku SD? bahkan mungkin ikut lomba mengarang bebas dengan tema dan judul tulisan yang sama. Gue sendiri bukan sarjana di bidang bahasa, cek aja tulisan-tulisan gue di blog ini, kualitas nya menyedihkan sekali. :))

Blogwalking
Seperti yang gue tulis dipoin sebelumnya, membaca artikel orang lain banyak banget manfaatnya, selain bisa nambah wawasan, kamu juga bisa dapet jodoh ide baru.

Ambil sepuluh menit dalam sehari
Untuk apa? Untuk menikmati hidup, syukuri, ini memang nggak ada hubungannya sama nulis, tapi cobalah, mungkin otak kamu itu mampet gara-gara sibuk sama kerjaan atau tugas sekolah, sekali-sekali lihat kearah langit, tarik nafas dalam-dalam, kagumi kehidupanmu, kamu tau? nggak ada seorang pun di galaxy ini yang hidupnya persis kayak kamu. Tenangkan pikiran, tutup mata aja, senyum dan rileks. Siapa tau dapet ilham.

Sebenarnya banyak banget hal-hal yang bisa dijadikan bahan tulisan, contohnya artikel ini, iya kan? 
Kehabisan ide aja bisa dijadikan tulisan. Walaupun agak sedikit maksain sih. hehe.
Baiklah kisanak, sekian dulu tulisan hamba ini, semoga banyak membantu, semoga. :)
sampai ketemu ditulisan selanjutnya ya!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Stuck atau Kehabisan Ide Ngeblog"

Post a Comment